Selasa, 25 Februari 2014

MEMASAK KAYU ULAR

kayu ular
Herbal kayu ular awalnya hanya digunakan sebagai obat malaria, meningkatkan setamina tubuh dan menghalau racun akibat gigitan ular. Masyarakat setempat mengunakan kayu ular hanya seperlunya saja bila sewaktu-waktu mereka sakit. Seiring waktu yang berjalan khasiat kayu ular terdengar sampai seantero negari, tak ayal yang dulu hanya digunakan seperlunya saja kini merambah menjadi komediti bisnis.Perburuan kayu ular secara besar-besaran akan berdampak kelangkaan, persediaan alam sangat terbatas untuk itu perlu campur tangan pemerintah dalam pembudidayaan dengan merangkul masyarakat setempat. Strychnos ligustrina nama ilmiah dari kayu ular, setelah dilakukan serangkaian penelitai ternyata sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan : 

  1. Menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes atau kencing manis.
  2. Mengatasi asam urat, darah tinggi, darah kotor
  3. Mengobati impotensi/lemah syahwat dan menambah gairah seksual 
  4. Mengobati Malaria 
  5. Mengobati kurang nafsu makan 
  6. Mengobati radang lambung, maag, sakit perut, kurang nafsu makan. - Cacar air, badan lemah dan badan Panas Dingin
  7. Sakit pinggang, panas dalam 
  8. Gejala stroke, paru-paru basah 
  9. Jantung, reumatik, melancarkan ASI  dll.   
Menurut dr Hardi Pranata SpS MARS, ketua Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia, kelopak mata mengandung dua komponen otot yang berlawanan yaitu musculus orbicularis occuli untuk memejamkan mata yang dipersarafi oleh saraf otak ketujuh dan musculus palpebra superior untuk membuka mata yang dipersarafi oleh saraf otak ketiga. Pada kasus kanker otak seperti dialami Susi kondisi itu mengganggu perjalanan saraf otak ketiga yang berpangkal pada mesencephalon (batang otak atas), kemudian melintasi dasar tengkorak menuju otot kelopak mata sehingga kelopak itu menurun. Menurut Dr Nelly C. Sugiarso Apt, konsumsi ekstrak kayu ular bisa memperbaiki gangguan pada saraf. Sumber : Trubus 

CARA MEMASAK KAYU ULAR : Bila kayu ular dalam bentuk batangan utuh contoh : diameter kayu 6cm dan tinggi 6cm sebaiknya kayu di belah menjadi 4 bagian, rebuslah 1 bagian dari hasil pemotongan dengan mengunakan panci yg terbuat dari stenlis atau kuali tanah, air yg dibutuh untuk merebus sebanyak 500ml, rebus potongan kayu ular sampai mendidih, setelah mendidih matikan kompor, minum selagi hangat agar terasa nikmat atau bisa bila sudah dingin. Kayu ular yang telah direbus dapat direbus berulang-ulang sampai tidak pahit. 

Bila Anda tidak sempat merebus karena kesibukan, kayu ular yang masih utuh tadi tanpa dibelah dapat dikerik menjadi serpihan,banyaknya serpihan yang dikerik disesuaikan dengan kebutuhan, stelah itu taruh serpihan kayu ular di gelas dan siram dengan air panas, setelah hangat-hangat kuku dapat Anda minum. 

Serbuk kayu ular halus sangat cocok digunakan bagi Anda yang super sibuk, karena tidak perlu lagi membelah kayu atau menyerut, ambil satu sendok teh serbuk kayu ular, taruh dalam gelas dan siram dengan air panas, setelah hangat-hangat kuku siap untuk diminum. Keberhasilan pengobatan kayu ular tidak terlepas dari do'a dan disiplin untuk hidup sehat dengan menjaga pola makan. Semoga artikel yang singkat ini kiranya dapat bermanfaat trimakasih.

2 komentar: